Minggu, 14 Oktober 2012

KERJASAMA GERAKAN PEDULI REMAJA DENGAN SLC


Dalam melaksanakan berbagai kegiatan, Gerakan Peduli Remaja mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah kerjasama dengan Smart Learning Centre (SLC).

SLC adalah sebuah lembaga training motivasi  baik untuk kalangan remaja maupun mahasiswa dan perusahaan. Lembaga ini digawangi oleh anak-anak muda yang memang concern pada masalah remaja. 

Walaupun baru berdiri tiga tahun, namun SLC telah banyak melakukan training motivasi di berbagai sekolah. Dari tingkat sekolah dasar hingga universitas.

Pada Rabu 10 Oktober, ketua GPR Suci Susanti dan bendahara GPR Lisya Marlina menyerahkan agenda kegiatan satu tahun di LembagaPemasyarakatan (Lapas)  Anak pria Tangerang. GPR mengajak SLC untuk bekerjasama dalam membuat acara-acara motivasi yang menarik bagi anak Lapas.

Pengawasan anak Lapas memang harus dilakukan berkesinambungan. Bukan hanya selama di Lapas saja, namun juga sampai mereka diluar Lapas. Dan berdasarkan pengalaman beberapa anak Lapas yang telah bebas, justru diluar lah masa-masa krusial mereka. Karena tidak semua orang mau menerima mantan narapidana di lingkungannya.

Untuk itu, GPR bersama SLC akan mengadakan pemantauan berkala berkaitan dengan mental para anak Lapas. Pemantauan ini dilakukan dalam bentuk wawancara. Baik dengan anak Lapas yang bersangkutan, ataupun dengan karyawan Lapas.

Pemantauan dilakukan saat GPR mengadakan acara setiap minggunya, serta saat GPR mengadakan konsultasi. Selain itu, pemantauan juga dilakukan melalui pengumpulan data-data anak Lapas melalui latar belakang kasus mereka, latar belakang keluarga, latar belakang dll.

Selain mengadakan pemantauan pada saat acara, GPR pun akan memanfaatkan salah satu ruang di Lapas yang biasa disebut “pojok curhat”. Di pojok curhat, anak Lapas bebas menceritakan apa saja permasalahan mereka, apa yang ada dipikiran mereka, keinginan-keinginan mereka dll. Karena sebenarnya, anak Lapas sama dengan anak-anak remaja diluar sana. Mereka hanya ingin didengar.

GPR dan SLC berharap, semua program dapat diikuti oleh anak Lapas, dan mereka dapat merasakan manfaatnya. Baik manfaat selama di Lapas maupun setelah mereka bebas.
(tim GPR)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar