Minggu, 04 November 2012

TIDAK ADA YANG SIA-SIA...


Mimpi-mimpi telah ditorehkan.....

Rencana-rencana telah dibuat...

Namun, ketika itu semua tak berjalan lancar, bersabarlah dan tetap melangkah. Karena, tak ada satu perbuatan baik pun yang sia-sia.

Saat kita menanti kedatangan seseorang yang tak kunjung datang, saat menunggu itu pun bukanlah hal yang sia-sia. Banyak hal yang bisa dilakukan saat menunggu. Selalu membawa buku, adalah cara ampuh untuk membunuh waktu. Jika yang dinanti tak kunjung tiba, tidaklah mengapa. Karena, kita telah menunjukkan padanya untuk menepati janji, untuk menghargai waktu, untuk menghargai apa yang telah kita dan ia katakan. Maka, menunggu seseorang yang tak kunjung datang, bukanlah pekerjaan sia-sia.

Ketika apa yang kita kerjakan tidak dihargai orang lain, maka, bersabarlah. Tidak ada pekerjaan yang sia-sia. Dengan tetap bekerja, kita telah menunjukkan komitmen pada apa yang telah kita ucapkan. Dengan tetap bekerja, kita menggali segala kemampuan yang kita miliki, kita mencari tau tentang segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan, dan kita telah buat pekerjaan itu dengan sebaik-baiknya. Maka, tidak ada yang perlu kita risaukan saat pekerjaan kita tidak dihargai oleh orang lain. Karena, kita telah berbuat yang terbaik dan itu sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Diremehkan dan dipandang sebelah mata ? Tidak mengapa. Tidak masalah sama sekali. Menjadi underdog, justru merupakan suatu keberuntungan. Karena, dengan begitu, tidak ada yang memperhatikan keseriusan kita dalam melakukan sesuatu. Mundur satu langkah, untuk maju sepuluh langkah, adalah yang terbaik. Dari pada merenungi nasib menjadi orang yang diremehkan, lebih baik kita bersyukur, bersabar dan teruslah berbuat yang terbaik.

Hal apapun yang kita lakukan, sejak pagi hingga malam menjelang, sepanjang itu untuk kebaikan, yakinlah, tidak ada yang sia-sia. Menjawab sms curhat teman, kelihatannya hal yang kecil, namun yakinlah, bagi kita mungkin hal kecil, tapi bagi teman kita, merasa dihargai saat kita membalas smsnya.

Atau memberi senyum pada orang lain. Senyum yang tulus ikhlas, akan menyejukkan orang yang melihatnya. Yakinlah, memberi senyuman tidaklah sia-sia. Bayangkan jika seseorang yang sedang mempunyai masalah berat, kita sapa dan kita beri senyum yang tulus. Walau sejenak, ia merasa ada orang yang peduli padanya. Walau sesaat, ia merasa masalahnya menjadi ringan.

Yakinlah, didunia ini, tidak ada perbuatan baik yang sia-sia. Walau kecil dimata kita, mungkin saja, sangat berharga bagi orang lain.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar